Maniac-blog

I accept ads placement / content placement services on my website (backlink). you can contact me via WhatsApp
Go - Maniac-developer Homepage Berita Bisnis Blogging Internet Pemrograman Sosial Media Teknologi Tips dan trik Tutorial Blogspot Tutorial Wordpress About Me / Contact Me Privacy Policy Term Of Service
2008020208258348.png
- Blogging

Cara Dapatkan Snippet Pada Google Search

Apa itu Featured Snippet Google?

Featured Snippet atau cuplikan pilihan adalah hasil pencarian terpilih yang ditampilkan google pada posisi teratas dalam bentuk kolom cuplikan.

Featured Snippet bertujuan untuk menjawab pertanyaan pengguna secara singkat, padat, dan jelas. Makanya, fitur ini disebut juga dengan “kotak jawaban”.

Situs yang mendapatkan cuplikan hasil penelusuran ini tidak selamanya berasal dari peringkat pertama hasil pencarian. Namun yang pastinya untuk mendapatkan featured snippet situs anda harus berada pada halaman pertama hasil pencarian google.

Featured snippet sudah pernah diumumkan google sebelumnya. Sistem mereka secara otomatis akan mendeteksi hal-hal yang bisa membantu lebih banyak pengguna dalam mendapatkan apa yang mereka tanyakan, baik itu berupa deskripsi ataupun harus menampilkan link yang bisa dikunjungi.

Bagaimana Cara Kerja Featured Snippet

Jelas sekali bahwa featured snippet yang diberikan google bisa meningkatkan jumlah kunjungan pada sebuah situs. Maka tidak heran kalau banyak pemilik situs yang selalu berusaha untuk mendapatkan fitur featured snippet langsung dari google.

Lalu bagaimana cara google bisa menampilkan featured snippet hasil pencarian?

Sistem google akan bekerja secara otomatis untuk mendeteksi semua hasil penelusuran berdasarkan kata kunci. Hasil penelusuran yang memberikan lebih banyak manfaat bagi penggunjung memiliki peluang besar ditampilkan dengan featured snippet.

Fitur ini bekerja dengan otomatis untuk mendapatkan hasil cuplikan yang diambil dari hasil penelusuran. Tetapi tidak semua konten dari halaman pertama bisa mendapat cuplikan penelusuran atau featured snippet. Google lebih memprioritaskan konten berkualitas dan relevan dengan kata kunci pengguna.

Jenis-Jenis Featured Snippet

Ada 3 jenis Featured Snippet yang sering muncul di Hasil Pencarian Google:

  1. Kotak Definisi (Paragraf)
  2. Cuplikan Daftar
  3. Cuplikan Tabel

1. Kotak Definisi

Google seringkali menampilkan cuplikan dari potongan defenisi yang berupa paragraf. Google akan mengambil cuplikan dari beberapa pilihan teks dari situs yang relevan. Cuplikan teks yang ditampilkan google akan memberikan deskripsi atau definisi singkat, biasanya digunakan untuk memberikan jawaban untuk pertanyaan seperti pengertian, bagaimana, dll.

Berikut ini contoh featured snippet kotak defenisi dari blog riantoastono.com. 

2. Cuplikan Daftar

Banyak hasil penelusuran yang menampilkan cuplikan dalam bentuk daftar atau list. Featured snippet ini akan menunjukkan serangkaian langkah untuk melakukan sesuatu secara spesifik, seperti artikel tutorial yang berisi langkah-langkah. Jika data hasil tidak terstruktur, maka google memutuskan untuk mengambil data dari situs web yang relevan dan menggunakan daftar. Terkadang juga google menampilkan berupa beberapa gambar yang menyertai snippet tersebut.

Berikut ini contoh daftar cuplikan hasil penelusuran dari situs ahrefs.com. 

3. Cuplikan Tabel

Cuplikan tabel seringkali kita lihat pada situs yang menunjukkan perbandingan harga pada beberapa produk. Google menarik data dari halaman atau situs web yang ditautkan untuk istilah pencarian tertentu, dan menampilkan data yang terstruktur dengan baik dalam bentuk tabel.

Berikut ini contoh tampilan cuplikan dalam bentuk tabel?



Cara Mendapatkan Cuplikan Penelusuran / Featured Snippet Pada Hasil Pencarian Google

Menurut google, pemilik situs tidak bisa membuat cuplikan hasil penelusuran yang nantinya akan ditampilkan google. Namun untuk mendapatkan featured snippet, sistem google sendiri yang menentukan apakah konten anda berisi cuplikan kaya yang relevan dan berkualitas terhadap kata kunci pengguna.

Meskipun demikian, melihat beberapa jenis featured snippet yang seringkali ditampilkan google tentu ada peluang besar untuk mendapatkan fitur ini. Tentunya dengan optimasi semaksimal mungkin setiap konten yang anda buat dan situs sudah terdaftar di google search console.

Berikut ini optimasi yang perlu dilakukan agar mendapat featured snippet atau cuplikan hasil pencarian google.

1. Buat Konten yang Menjawab Pertanyaan

Jika kita kembali perhatikan, featured snippet seringkali ditampilkan untuk menjawab kata kunci yang bersifat bertanyaan. Misalnya, “apa itu”, “apa arti”, dll. Konten yang menjawab pertanyaan pertanyaan-pertanyaan tersebut memiliki peluang besar tampil dengan featured snippet.

Menurut situs moz.com, google lebih memilih menampilkan jawaban yang diberikan dalam satu paragraf. Tentunya isi paragraf tersebut sangat ringkas, padat dan jelas.

Panjang rata-rata featured snippet yang berupa paragraf adalah 45 – 90 kata.

Jadi, buatlah konten yang bisa menjawab pertanyaan pengguna dengan membuat satu paragraf maksimal 90 kata saja.

Pengamatan saya sendiri terhadap kotak jawaban telah membuat saya berpikir bahwa Google lebih memilih untuk menampilkan jawaban yang diberikan dalam satu paragraf.

Panjang rata-rata featured snippet

Cara membuat konten yang menjawab pertanyaan yaitu:

1. Buat pertanyaan dalam artikel menggunakan heading.

2. Buat jawaban dari pertanyaan tersebut dengan satu paragraf.

3. Berikan uraian lebih jelas dalam paragraf berikutnya.


2. Gunakan Fitur Bullets dan Numbering

Salah satu jenis featured snippet adalah cuplikan daftar. Google menyukai konten yang berisi daftar, langkah-langkah, atau angka (mis. daftar harga). Jadi, dalam membuat paragraf, berikan jawaban dari pertanyaan dengan menggunakan bullets atau numbering. 

Fitur bullets dan numbering sudah tersedia baik pada blogspot maupun di wordpress. Seringkali dalam menulis konten, penulis tidak menghiraukan pentingnya menggunakan fitur tersebut. Padahal menurut gogole, menggunakan fitur bullets dan numbering membuat situs memiliki konten yang terstruktur. Dengan menggunakan fitur ini dalam menjawab pertanyaan atau memberikan langkah-langkah, peluang untuk mendapatkan featured snippet sangat besar.


3. Gunakan Gambar yang Menarik

Google featured snippet tidak saja menampilkan cuplikan paragraf atau daftar. Seringkali juga kita temukan fitur ini menampilkan gambar atau video yang menyertai cuplikan tersebut.

Pengguna google kebanyakan orang suka belajar secara visual, itulah sebabnya foto dan video dapat membantu anda memberi peringkat untuk cuplikan unggulan.

Untuk menambahkan gambar ke dalam artikel tidaklah sulit. Banyak penyedia gambar gratis berkualitas tinggi yang bisa anda gunaka seperti pixabay. Selain itu, Canva bisa menjadi alternatif untuk membuat gambar anda sendiri dengan fiturnya yang sangat lengkap.


Butuh Hosting

Jika ingin membeli hosting menggunakan refferall kami , Anda akan mendapatkan 1 layanan gratis dari saya pribadi yaitu , saya akan membuat desain website HTML menggunakan Bootstrapstudio untuk anda secara gratis (Cuma cuma) Whatsapp Saya

Hosting Unlimited Indonesia

Maybe You Like


Cara Dapatkan Snippet Pada Google Search
Pubdate : , Blogging

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi bagaimana caranya menerapkan SEO pada blog atau Website yang baru dibuat, agar dapat diketahui atau bisa juga berada pada OnePage.

Cara Dapatkan Snippet Pada Google Search
Pubdate : , Blogging

Apakah saat ini anda sedang ingin membuat blog / website anda menjadi komersil / memiliki pendapatan dari adsense . lihat beberapa Persyaratan Mengajukan Iklan Adsense

Cara Dapatkan Snippet Pada Google Search
Pubdate : , Blogging

Pada kesempatan kali ini calon design akan berbagi informasi tentang profile card yang pastinya anda pernah melihatnya . khusus pada postingan kali ini saya akan share script design profile card versi maniac-developer yah!! semoga anda suka

Hai Sahabat Maniac . Pasang Aplikasi hanya 3 detik untuk membantu anda membaca setiap harinya . Pasang App